Home Bisnis Tanaman 6 Jenis Tanaman Hias Untuk Peluang Usaha Di Desa

6 Jenis Tanaman Hias Untuk Peluang Usaha Di Desa

0

bisnis bunga

Hanya dari bisnis bunga mawar potong ini andabisa meraup sekitar Rp. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang usaha desa yang tidak tanggung-tanggung karena bisnis tanaman hias bunga mawar dapat mencapai untung puluhan juta per bulannya. Tanaman bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak dijumpai dan paling sering digunakan untuk menghiasi rumah. Selain itu bunga mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia dan sudah menjadi primadona di kalangan bunga hias.

Ketiga, tanaman hias luar ruangan, seperti krisan, aster, dan anggrek. Keempat, tanaman hias yang tidak termasuk 3 kategori di atas, seperti kaktus, paku-pakuan, dan aneka bonsai. JAKARTA – Banyak orang yang menyukai tanaman hias, terutama wanita. Walaupun trennya saat ini tengah memudar, tetapi tetap memiliki penggemar setianya yang jumlahnya tak sedikit. Tak heran, tanaman hias dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Bisnis buket bunga sedang berkembang di kota-kota besar Indonesia dan sedang diminati oleh banyak orang. Sebelum memulai bisnis bibit tanaman, dipastikan harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan seputar tanaman hias. Pebisnis harus memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai cara memperbanyak tanaman, tren tentang tanaman, dan jenis-jenis media tanam yang sesuai dengan bibit.

bentuk bunga yang berlapis-lapis serta keanaka ragaman warna membuat bunga mawar dijadikan lambang kasih sayang dan cinta. Memulai bisnis tanaman hias dapat menjadi salah satu peluang usaha desa yang menjanjikan karena bisnis ini masih sangat potensial untuk masa mendatang. Tidak dipungkiri lagi, dalam bisnis bunga mawar menjadi bisnis tanaman hias yang paling menguntungkan. Diungkapkannya, bunga yang dijual memiliki kwalitas bagus dan jenis yang indah sebagai tanaman hias. Disamping itu, Gunawan yang telah puluhan tahun menjadi petani dan pedagang tanaman hias mengaku jika peluang bisnis bunga hias tergolong menjanjikan.

bisnis bunga

Gunawan Kartiwa salah seorang pedagang Cihideung mengatakan, bunga hias menjadi incaran seiring banyaknya warga yang lebih banyak diam di rumah selama pandemi. Jualannya laris manis hingga tanaman hias belum siap panen pun laku dijual. Salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak dicari adalah tanaman jenis Aglonema. Tanaman ini berbentuk daun keladi dengan berbagai corak dan motif yang eksotis. Harga jual tanaman ini berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan corak.

Pemerintah seharusnya terus membuka sentra bunga hias baru untuk memenuhi permintaan pasar. Bisnis penjualan saprotan untuk tanaman hias ini sederhana, namun menjanjikan dan dapat menjadi bisnis pendukung penjualan bibit dan tanaman hias. Dalam berbisnis saprotan tanaman hias, bahan dan alat yang mendukung seperti cangkul dan aneka gunting tanaman, aneka jenis pot, media tanam, dan buku dan majalah pertanian. Pertama, tanaman hias untuk kebutuhan lanskap taman, seperti aneka jenis rumput, semak, cemara, dan tanaman air. Kedua, tanaman hias dalam ruangan, seperti aglaonema, kuping gajah, dan palem hias.

Jika ada yang berminat berbisnis tanaman hias, maka harus belajar strategi bisnis dan manajemen usaha ini. Dalam menjalankan bisnis harus memperhitungkan modal, faktor risiko, lokasi, pemilihan jenis tanaman yang akan diperdagangkan, dan strategi pemasaran dan promosinya. Dendrobium merupakan salah anggrek yang bunganya dipakai sebagai bunga potong. Bunga ini tahan segar dalam waktu cukup lama walaupun sudah terpisah untuk tanamannya.

Tanaman bunga Ageratum blue mink merupakan salah satu tanaman hias dari West Indies dan Amerika Tengah. Tanaman jenis ini termasuk salah satu jenis tanaman hias yang menghasilkan bunga pada tahun yang sama dengan pembibitannya. tanaman ini umumnya tumbuh didaerah yang bersuhu sejuk atau dingin. Pohon bonsai memiliki harga yang sedikit mahal dan pelanggannya merupakan orang-orang dari kalangan ekonomi menengah keatas. Selain itu, tanaman hias bonsai bisa dibuat dari berbagai macam tanaman. Bisa menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah dari penjualan tanaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here