Home Bisnis Peternakan Peluang Usaha Ternak Lele Pemula Di Rumah Laba 2 Jt

Peluang Usaha Ternak Lele Pemula Di Rumah Laba 2 Jt

0

bisnis ternak lele

Tiada lain, bisnis ternak ikan lele tidak membutuhkan banyak pengalaman serta pengetahuan khusus buat bisa sukses. Namun, kalau pemahaman si pemelihara persis sekali tidak ada, telah pasti ikan lele maka akan gagal untuk dipanen. Akan tetapi perlu diingat jika pengeluaran ini hanya terjadi sewaktu Anda baru memulai marketing ternak lele. Saat telah memasuki masa panen kedua, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli biaya operasional bisnis saja. Tidak perlu panjang lebar juga, ketahui seluk beluk budidaya ikan lele berikut di sini. agar Anda senantiasa meraup untung dari bisnis ini.

Hal ini diakibatkan karena sifat dasar ikan lele yang merupakan ikan yang cukup rakus sehingga berapapun makanan yang diberikan pasti jadi disantap oleh lele ini. Gerakannya relatif lincah dan biasanya benih yang sakit akan cenderung diam di pinggir kolam. Hal ketiga yaitu rutin dalam memberi makan jenis sentrat tiga kali sehari pada pukul 07. 00, 17. 00, dan 22. 00. Jika banyak ikan lele yang mendongakkan kepala untuk makan, kamu bisa menambah porsinya. Setelah mengetahui besaran modal untuk menjadi peternak lele, kamu perlu memahami cara yang tepat untuk memeliharanya.

Bibit ikan lele yang berkualitas mudah dicari karena banyak dijual di pasaran. Inilah faktor-faktor yang membuat bisnis budidaya lele saat ini sangat potensial untuk dijalankan. Permintaan ikan lele yang ada di pasaran saat ini memang terus meningkat drastis. Harga jual ikan lele juga terbilang baik dimana jarang merosot. Bisnis ternak ikan lele tentunya menjadi pilihan bisnis yang sangat menguntungkan dimana bisnis ternak ikan lele menghasilkan ikan lele dengan banyak peminatnya.

bisnis ternak lele

Selain itu ganti air kolam dua hari sekali ditambah garam dapur dengan dosis gram/m3 air. Selain itu pemberian pakan lebih dari yang dianjurkan bisa menyebabkan lele terkena penyakit pecah usus.

Jika kamu sama sekali tidak paham, sudah pasti ikan lele gagal panen. Nah, dengan sistem bioflok ini, tidak perlu lagi tanah yang luas.

Kolam bibit biasanya lebih dangkal daripada kolam ikan lele dewasa. Hal ini bertujuan agar bibit dapat dengan mudah menjangkau pakan dan pernafasan. Dalam penebaran bibit, akan lebih baik jika dilakukan di pagi atau malam hari karena waktu tersebut ikan lele cenderung lebih tenang. Kamu harus memilih bibit lele yang unggul, yang berukuran lebih besar, lebih sehat, dan memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap penyakit. Bibit ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, serta warna sedikit lebih terang.

Ikan lele dapat ditebar dengan benih banyak sekalian, karena kembali lagi ikan lele dapat hidup dalam air tawar dengan kuantitas yang sedikit. Selain, tersebut modal yang perlu kita keluarkan juga tidak tidak sedikit, dan tentunya ikan lele memiliki gizi yang gede dibandingkan ikan-ikan lainnya. Selain pemilihan bibit, cara menebarkan bibit juga harus diperhatikan. Caranya adalah dengan meletakkan wadah bibit pada kolam selama 15 menit maka 30 menit dengan situasi miring. Hal ini bertujuan agar bibit ikan lele dapat beradaptasi sendiri dan tidak stres.

Selain itu jangan lupa lakukan proses penyortiran ikan lele berdasarkan ukuran tubuhnya saat panen. Karena biasanya pemisahan ukuran lele ini berhubungan dengan harga jual ikan lele maka menurut kami proses penyortiran ini merupakan salah satu proses yang cukup penting. Penyakit akibat bakteri Aeromonas hydrophila yang menyebabkan perut ikan lele gembung dan berisi cairan. Untuk mengobati lele yang terinfeksi bakteri ini bisa dengan menggunakan antibiotik oksistetrasiklin dengan dosis 50 mg/kg pakan ikan lele selama 7 hingga 10 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here