Potensi Bisnis Perikanan Dalam Di Indonesia

0
25

bisnis perikanan

Adapun unit pendidikan di bawah KKP meliputi, Politeknik Ahli Usaha Perikanan yang memiliki program studi Teknologi Penangkapan Ikan, Permesinan Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Teknologi Akuakultur, Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan, dan Penyuluhan Perikanan. Berikutnya Politeknik Kelautan dan Perikanan dengan program studi Teknik Penangkapan Ikan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan Teknik kelautan. Dalam rangka menyiapkan hal tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengajak seluruh direktur penyelenggaraan pendidikan kelautan dan perikanan di bawah lingkup KKP untuk berani berinovasi dan menjadi contoh bagi para peserta didiknya.

bisnis perikanan

Dengan menggunakan teknologi maka keuangan usaha Anda terkelolah dengan cepat dan usaha perikanan Anda bisa berkembang lebih cepat. Gunakan aplikasi pembukuan online agar keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Ditahap ini juga sebaiknya Anda memikirkan tentang segmen pasar untuk penjualan ikan Anda.

kegiatan untuk memelihara, membesarkan dan membiakan ikan dan memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol. Jakarta (TROBOSAQUA. COM). Bisnis perikanan berbasis inovasi teknologi menjadi harapan untuk keberlangsungan industri perikanan pada masa krisis. Berikut beberapa upaya dan perubahan strategis yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengembangkan sektor perikanan. Hingga suatu ketika, produk tersebut sampai ke tangan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

“Mari kita masuk ke dunia perikanan dan menjadi entrepreneur yang hebat. Sehingga ikan dan laut menjadi masa depan bangsa bisa terwujud, ” sebut dia. Jumlah ini jauh di atas angka konsumsi ikan nasional 2014 yang hanya sebesar 38, 14 kilogram per kapita. JAKARTA, KOMPAS. com – Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong nelayan dan pengusaha perikanan Indonesia dan UMKM untuk mendongkrak usaha perdagangan perikanan Indonesia. Untuk melakukan kegiatan usaha. bisnis ini perlu memerlukan biaya/modal yang besar karena dari segi aturan mengharuskan mempunyai kapal untuk menangkap ikan.

Selain udang, Edhy mengaku juga ingin mendorong budidaya lobster, kepiting, dan rajungan melalui Permen KP Nomor 12 tahun 2020. Khusus untuk kepiting, dua balai KKP yang terletak di Jepara dan Takalar telah berhasil melakukan pemijahan untuk pengembangbiakan. Melalui konsep ini, diharapkan para mahasiswa atau generasi milenial bisa turut andil budidaya udang. KKP, menurut dia, siap menyediakan fasilitas permodalan melalui dana Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan. Tak hanya itu, terdapat pula Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan dengan program studi Konservasi kelautan dan Ekowisata Bahari.

“KKP sendiri memiliki model usaha pinjaman dengan LPMUKP berupa kredit mikro, yang masih ada peluang untuk dikembangkan dengan bunga 3 persen, ” kata Edhy. “Kami akan segera konsolidasi dengan Pusat KUD seluruh Indonesia, terutama yang mempunyai anggota KUD yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan”, pungkas Portasius Nggedi. Herman Wutun juga menyampaikan beberapa hambatan dalam pengembangan program kelautan dan perikanan, terutama saat pandemi Covid-19 ini, dimana hampir semua rencana investasi mitra luar negeri bisa dikatakan terhenti. Selain pemasaran, gunakan juga teknologi dalam merapikan pembukuan usaha perikanan Anda.

Penjualan ikan ternak dan ikan laut segmennya berbeda begitu juga dengan jenis ikannya. Merespon cepat intruksi Presiden membuat langkah extra ordinary, Menteri Kelautan dan Perikanan merancang lima langkah strategis. Pertama, menginventarisasi potensi sumber daya kelautan perikanan berbasis wilayah, memilih komoditas unggulan, menentukan target spesifikasi final products.

Terakhir, KKP memiliki Sekolah Usaha Perikanan Menengah Sekolah kejuruan setingkat SMA yang tersebar di di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Papua Parat. Seperti diketahui, terdapat 9 pendidikan menengah dan 14 pendidikan tinggi di lingkup KKP.

Tak hanya itu, keunikan produk Abah Ubed, juga berhasil menggugah Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mengangkat krakers abon ikan lele sebagai salah satu makanan ikonik dari Kabupaten Bandung. Perlahan, krakers abon bikinan Abah Ubed pun sering tampil di sejumlah pameran dan bazar produk usaha kecil, mikro dan menengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here