Kisah Jokowi, Industri Mebel Dan Sentra Kerajinan Kayu

0
69

bisnis kerajinan kayu

Tidak hanya membuat meja, berbekal ketekunan dan kerja keras, Andra mengembangkan lagi limbah kayu menjadi aneka barang furnitur dan kerajinan. Yang berbeda dari barang furnitur buatan Andra adalah bentuknya yang unik serta desain dan pola yang berbeda dengan buatan lain. KONTAN. CO. ID -JAKARTA. Pandemi Covid-19 turut melemahkan penjualan mebel dan kerajinan kayu, baik di dalam maupun luar negeri.

Memiliki latar belakang keluarga pengrajin relief kayu, Aris muda mencoba mengembangkan skillnya dengan kuliah di Jurusan Kriya Seni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Setelah lulus, beliau mulai mengaplikasikan ilmu yang didapatnya semasa kuliah dengan membangun bisnis kerajinan kayu “Gendhewa Woodcraft”.

Dari sana, rato mulai berkreasi memanfaatkan hurto potongan kayu jati hingga potongan akar, menjadi produk seperti dari patung, furnishings, dan kerajinan lainnya. Pada akhir wawancaranya, Pak Aris berharap suatu saat nanti bisa memiliki workshop sendiri sebagai tempat pemasaran kerajinan kayunya. Menurutnya, di otoritas Jogja sendiri saat terkait hampir tidak ada saingan yang memproduksi kerajinan sejenis. Sehingga jika bisa dimaksimalkan bukan tidak mungkin produk kerajinan kayu miliknya bisa bersaing di pasar lokal hingga internasional.

Untuk gagasan desain produknya, Pak Aris lebih banyak mengangkat kehidupan tradisional atau aktivitas sehari-hari masyarakat kita. “Aktivitas menggembala kambing, kerbau, membajak sawah, bersepeda, dll menjadi design produk yang selama terkait kami angkat, ” tambah Pak Aris.

“Dalam hal stabil, kami bisa menghasilkan omzet rata-rata 5 juta rupiah/ bulan, ” terang istri Pak Aris sembari tersenyum. Untuk memperoleh keuntungan kerajinan yang memiliki tulisan seni tinggi, Pak Aris mencoba menguraikan tahapan-tahapan produksinya. Berikutnya dilanjutkan dengan pengregisteran pola pada sebuah kertas sesuai dengan ukuran serta bentuk produknya.

bisnis kerajinan kayu

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia mengatakan sebelum pandemi dapat ditangani, maka tidak mudah untuk menggenjot bisnis ini. Liputan6. com, Kendari – Perajin kayu jati mitra PT Aneka Tambang Tbk berhasil memperluas pasar ke mancanegara dan raih omzet menggapai ratusan juta rupiah for each bulan. Tapi justru tersebut mendorong saya harus memulai sebuah usaha, ” sebutan Jokowi mengisahkan perjalanan karirnya di dunia bisnis. Bertentangan dengan Catur, inspirasi mulailah untuk membuat kerajinan berbahan kayu adalah membuat topeng cat. Dimulai sejak mil novecentos e noventa e seis, dia nekat menjalankan cara dengan modal Rp one, 5 juta. Untuk meningkatkan varian produknya, Widodo membenarkan sering melihat miniatur sarana atau produk-produk berbahan plastik. Produk itu lalu ia tiru dengan bahan limbah kayu mahoni dan kayu sonokeling. Bahan baku ialah kayu apkiran dari pabrik mebel di Wonosari, Gunung Kidul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here