Perajin Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah Dari Kayu Jati

0
130

bisnis kerajinan kayu

Hadirnya kawasan industri terpadu ini, menurutnya, tidak lain ditujukan tuk memangkas ongkos produksi. Sesuatu inilah yang kemudian bisa mendorong peningkatan ekspor kayu dan mebel. Jokowi ketika masih berbisnis industri mebel (Dok. Facebook) Dengan merek perusahaan Rakabu, Jokowi membangun usahanya dari nol serta berkembang dengan memiliki bertambah dari lima lokasi pabrik. Keahlian di bidang kayu ini didapatkannya selama berada di bangku perkuliahan pada Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

Namun meski purchase ekspor naik, tak dan merta penjualan mebel serta kerajinan kayu di 1 tahun ini dapat bertumbuh. “Kami minta pengrajin kayu tetap meningkatkan kualitas sehingga dapat ekspor, seperti kerajinan bambu hingga menembus pasar Europe, ” katanya.

Tahapan selanjutnya pemberian cat basis warna hitam pada produk yang sudah berbentuk. Dibantu empat orang tenaga produksinya, Pak Aris mampu meraih rata-rata 500 buah produk kerajinan kayu berbagi macam dan ukuran setiap bulannya. “Produksi kami 50 percent melayani pesanan dan fifty % untuk stok produk untuk dibawa saat wujud pameran baik di Jogja maupun di luar kota, ” jelas Pak Aris yang ditemani istrinya Praptiningsih sore itu.

bisnis kerajinan kayu

Di bulan pertama membuka lapak, minimalnya 20 produk yang dibuatnya sudah laris terjual tuk wilayah DIY dan Jakarta. Ke depan, dia yakin pasar kerajinan kayu terkait dapat merambah pasar internasional. Jakarta – Sentuhan isyarat seni, plus jeli menengok peluang bisnis, membuat benda apa pun bisa bernilai jual. Seperti yang diterapkan Sardi, pria tamatan SMP ini membuat aneka produk kerajinan kayu.

Mulai usaha sejak 1 tahun 2000 an silam, ia kini telah memproduksi segenap kerajinan berbahan kayu mahoni. Selain produk hiasan dinding, ia juga mengerjakan rekal, berbagai permainan anak dri kayu, dan sejumlah peralatan lainnya. Peluang inilah yg coba dimanfaatkan Subbiyata warga Pringgokusuman, Yogyakarta untuk membikin usaha kerajinan hiasan dinding berbahan kayu. Salah 1 kerajinan yang paling hampir sering menarik perhatian ketika seseorang datang ke pameran handycraft adalah puzzle kayu oleh berbagai macam bentuk. Usut punya usut, ternyata dilemna kayu ini bisa jadi sebuah ide bisnis modal kecil dengan hasil yg luar biasa. “Dari situ usaha saya terus meningkat. Untuk pasar ekspor, kami mengirimkan produk ke Malaysia, Singapura, dan Afrika Selatan. Sekarang omzet per tahunnya mendekati Rp 1 milyar, ” ujar Zulfian.

Kendati diharuskan memulai lagi dari depan, Rinto percaya usaha yg dirintisnya ini akan bertumbuh. Optimisme ini dipupuknya dikarenakan melihat sisi permintaan yg terus bertambah.

Keunggulan / nilai sebuah handicraft bukan hanya dilihat dari fungsinya saja, akan tetapi pun dinilai dari keunikan serta nilai seni yang dihasilkan para pengrajinnya. Tidak sebatas dipasarkan di dalam negri saja, permintaan untuk produk handicraft buatan Indonesia melimpah dipasarkan ke luar negri. Dibuktikan dengan meningkatnya permintaan handicraft dari waktu ke waktu. “Jika dihitung harusnya September-Oktober ini permintaan ekspor mulai ramai, ” terang Abdul.

Andra Prasetyo mengaku telah memiliki pelanggan tetap yang setia memilih berbagai produk kerajinan serta furnitur buatannya. Kebanyakan pelanggan tetapnya berasal dari luar negeri seperti Belanda, Jerman dan Yunani.

Diakui Pak Aris, membuat kerajinan kayu membutuhkan ketelatenan dan ketekunan ekstra karena detail produk harus diperhatikan dengan was-was. “Tidak semua orang dapat mengerjakan beberapa tahapan di dalam pembuatan kerajinan kayu, hingga hal itu bisa jadi sebuah kelemahan sekaligus keunggulan bagi pengrajinnya, ” imbuh Pak Aris.

Pola ini dipotong dan ditempelkan dalam papan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Langkah berikutnya ialah proses penggergajian sesuai oleh detail polanya. Setelah digergaji, produk tersebut diukir tuk menyempurnakan bentuknya. Kemudian diterapkan pembakaran untuk menghaluskan serta mengeringkan kayu. Hasil pembakaran yang meninggalkan hitam gosong digosok dan dihilangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here